Pidsus

TERDAKWA GP-PTT KEDELAI KAB. WAJO MELAKUKAN PENGEMBALIAN KERUGIAN KEUANGAN NEGARA SEBESAR Rp.130.000.000,-

Pada hari Jum’at tanggal 23 Maret 2018 H. BURHANUDDIN, SP Bin MUSTAFA selaku salah satu dari Terdakwa dalam perkara tindak pidana korupsi penyalahgunaan keuangan Negara Dana Bantuan Sosial Program Dana Bantuan Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT) Tanaman Kedelai Kecamatan Tempe Kab. Wajo Tahun Anggaran 2015,  melalui keluarganya mendatangi Kejari Wajo untuk mengembalikan kerugian Negara senilai Rp.130.000.000,- (Seratus Tiga Puluh Juta Rupiah).

Uang sejumlah Rp. 130.000.000,- (Seratus tiga puluh juta rupiah) diserahkan kepihak Kejaksaan Negeri Wajo oleh pihak keluarga H. BURHANUDDIN, SP Bin MUSTAFA yang diterima langsung oleh Kasi Pidsus Kejari Wajo ( NOVA AULIA PAGAR ALAM, SH) beserta tim penuntut umum  Kejari Wajo.

Menurut NOVA AULIA PAGAR ALAM, SH (kasi Pidsus Kejari Wajo), pengembalian kerugian keuangan negara tersebut sebagai salah satu faktor dalam keberhasilan Kejaksaan Negeri Wajo khususnya Bidang Tindak Pidana Khusus di dalam proses Penuntutan, karena saat ini keberhasilan sebuah Penuntutan tidak hanya bisa dilihat dari pelaku Tindak Pidana Korupsi yang dikenakan hukuman penjara sebagai efek jera, namun keberhasilan sebuah Penuntutan akan lebih lengkap apabila terdapat penyelamatan Keuangan Negara yang telah disalahgunakan dan saya berharap itikad baik dalam pengembalian kerugian keuangan negara ini dapat diikuti oleh seluruh pelaku Tindak Pidana Korupsi lainnya.

”Karena terdakwa masih berada dalam penjara hari ini pihak keluarga menyerahkan uang ini Rp. 130.000.000,- (Seratus tiga puluh juta rupiah) dan akan langsung kita titipkan ke bank BRI sebagai penampung dana titipan dari Kejaksaan” tegas Kasi Pidsus.

Bahwa dalam perkara penyalahgunaan keuangan Negara Dana Bantuan Sosial Program Dana Bantuan Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT) Tanaman Kedelai Kecamatan Tempe Kab. Wajo Tahun Anggaran 2015 menjerat tiga orang terdakwa yaitu H. BURHANUDDIN, SP Bin MUSTAFA, SUARNI, SP dan MUSLIMIN dengan total kerugian Negara sebesar Rp. 462.775.000,- ( Empat Ratus Enam Puluh Dua Juta Tujuratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah) Selain pengembalian dari Terdakwa tersebut, terdapat juga pengembalian kerugian keuangan negara yang dilakukan oleh Kelompok Tani sebesar Rp. 4.000.000,-.

 

Author

kejariwajo

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *